May 14, 2009

Beautiful Mind

Salah satu hal yang bisa meningkatkan derajat manusia adalah 'ilmu'. Bapak saya pernah mengatakan 'sinau nduk,kowe tak sekolahke sing dhuwur i ben pinter, ben ora mung dadi kongkonan e wong' (yg dr jawa pasti tau artinya hehe). Sbgai seseorang yang sedang hidup didunia mahasiswa, kita tau bahwa ilmu bukan hanya didapatkan di bangku kuliah, tapi jg mengikuti banyak kegiatan dan belajar sendiri, bukan hanya duduk mendgar apa kata dosen... Karna memang kuliah adalah pembelajaran orang dewasa (kata dosenku :-))

Hari ini dalam forum musyawarah besar (mubes) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Kodisia Uii saya melihat mahasiswa-mahasiswa yang sedang mencari ilmu di Kodisia bermusyawarah. Betapa ternyata benar, ilmu itu adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan derajat seseorang, namun bukan ini yg mau saya bahas... Melainkan ilmu itu begitu kuat, sehingga bs membentuk karakter dan pola pikir seseorang.
Dalam musyawarah ini, ketika muncul satu pembahasan, pemikiran orang akan berbeda beda, salah satunya perbedaan it muncul karna ilmu yang dikaji tiap2 orang adalah berbeda. Ya, secara LDK ini anggotanya dr macem2 jurusan...
Satu masalah saja akan dipandang berbeda oleh beberapa orang tergantung sudut pandang dan ilmu yg dimiliki. Peserta mubes dari psykologi misalnya akan memandang masalah dr sudut ke-psykologian, yang dr statistik akan berpandangan lebih matematis, yang dari hukum lebih terstruktur dan sesuai aturan, yang dari teknik industri akan memandang lebih sistematis... (Termasuk Kursi mubes gak ergonomis aja di komentari hehehe) dan beberapa mahsiswa dari jurusan lain yg mempunyai pendapat berbeda beda lagi...

Yah... Tulisan diatas blm tentu benar, tapi saya slalu merasa Subhanalloh ya, unik sekali, tak ada satupun manusia didunia ini yang sama.. Pikiran manusia begitu unik dan spesial hehehe. Tulisan diatas jg adalah hasil pikiran saya yang unik. Sesuai ilmu yg saya pelajari bahwa sudut pandang orang terhadap sistem tidak ada yang salah asal masih relevan dgn sistemnya, jadi... Jgn salahkan kalau tulisan saya tdk tepat haha.

Status pikiran skrg : ingat pertanyaan ibuk 'wis dgarap skripsine?' dan pertanyaan bapak 'piye nduk, sidone UGM wae ya?' hwaaa... Blm bisa jawab pak :-(

2 komen:

christin said...

lho kamu mau langsung lanjut S2 yul?

Yuli said...

Gak tau ni mbak, aku blm punya alasan yg kuat untuk langkah selanjtnya hehehe

Skripsi wae rung bar mbak?
Menurtmu piye mb? Mb masi di belanda? Hiks hiks, pengen jg kliling dunia :-P

Powered by Blogger.