Jan 28, 2008

Road to interView KP

pagi ini, saya sengaja beli nasi kuning lebih banyak dari biasanya. rencana buat vita karna kita mau ke solo,.. again and again ke solo hehehe. kali ini mau wawancara kerja praktek di PT. Konimex solo. sebenernya partner saya ines, tapi dia lebih memilih KP di djarum. jadi aku minta temenin vita. sebenarnya juga, vita hanya nemenin saya, karna dia sudah punya empat KP di Riau.walau tempat KP nya itu juga belum pasti, tapi setidaknya dia sudah punya "cantolan". sengaja,...kalau saya ngajak org yang blm punya tmpt KP kan kalau tidak diterima kasihan,sedang saya sdh ada cadangan di djarum sama ines. kyknya ines kosong tuh,.. ada yang minat (minat buat KP bareng.red).
pertama, vita yang bonceng. agak ngantuk juga duduk dibelakang coz biasanya saya terus yang ddepan. setelah sampai depan UMS kita bertukar, karna kalo udah masuk kota, vita gak hafal. gantian aku yang mengendarai si Fita (nama motorku supraFIT dipanggil fita, bukan Vita.red)---piss ya vit.

sebenarnya wawancaranya jam 1 siang, tapi kita udah sampai jam 9 kurang 1/4 di solo,hehe biasa jalan2. karna vita belum pernah ke klewer, jadi ya kita mutusin cari maem di pasar klewer. maem rawon, katanya dia blum pernah makan rawon. jadi inget ke solo pas daftar pertama KP ma ines, dina n tya. haha kita makan kayak wisata kuliner. maklum solo kan buanyak kulinernya dan mereka belum pernah makan. mulai dari sego liwet, pecel ndeso (beras merah.red), bakmi thoprak, otak - otak, n bakso ulek. kali ini karna cuma berdua ya rawon saja cukup. habis makan kita masuk ke klewer. kalo saya mah sudah biasa, kan dulu bermukim di solo. kita naik lantai dua, karna dilanatai satu adanya batik2, dan lebih mirip beringharjo,... ehmmm tapi emang mirip sih, cuma lay outnya yang beda, klewer lebih bikin pusing kalo belum hafal. saya bilang sama vita "vit, liat dulu aja, ntar kalo ada yang minat balik lagi gpp". setelah liat2 muter belum pengin juga. di klewer jadi ingat novel "ketika cinta bertasbih-nya kang abik". kira - kira mbak yang mana ya yang menjadi salah satu gadis bakal calon yang dijodohkan buat Khairul Azzam???? hehehe. udah muter2, vita mutusin mau beli satu baju. eh pas mau beli mbaknya bilang "mriki lusinan e mbak, mboten ngecer". yah, gak jadi deh, emang kalo di klewer tu kebanyakan buat orang kulakan, kemungkinan besar barang yang dijogja juga sebagian dari klewer. kemarin kapan tu saya beliin keponakan saya baju di bering harganya 10.000, di klewer penjual pada bilang "ayo mbak, sepuluh ewu telu,.. sepuluh ewu telu" wehhh.

capek di klewer dan belum jam 1. saya ngajak vita ke manahan. saya memang seneng jadi guide dadakan, bisa banyak cerita sesuatu yang baru buat org lain. di manahan kita minum es Refo (reformasi.red) es itu sudah ada sejak saya SMA, dulu juga beberapa kali minum disitu sama temen2 saat saya masih muda hehe. tidak seperti es es lain, disitu esnya warna biru. enak rasanya. dan sampai sekarang rasannya tetep. mak nyusssss. karna pukul belum juga menunjukkan jam 13.00, kita pergi Ke SGM karna emang deket dengan jalan mau ke Konimex. lumayan deket. saya beli kado buat keponakan saya, tau kan? boneka panda lucu he,.. lalu kita dzuhur dan bersiap untuk ke KOnimex.

sampai di Konimex, kita dipersilahkan untuk menunggu di kursi yang disiapkan di taman. karna vita yang super konyol,.. bukan belajar tapi malah ngomongin hal - hal konyol. jadi ingat, seperti saat kita belajar banyak tentang Konimex, saking grogi mau ditanya apa, kan gak biasa daftar KP harus wawancara dulu. sampai ada beberapa yang hafal di luar kepala,.. sehari seblumnya saya juga ke perpus nyari laporan KP yang sapa tau ada yang pernah KP di konimex, dan hasilnya "belum ketemu,bukan gak ketemu". 15 menit kemudian satpam manggil dan kita diberi tanda pengenal untuk masuk keruang HRD. lagi - lagi, kekonyolan dimulai, kita ketawa ketiwi sambil bayangin kalo yang nemuin kita di HRD itu pak Taka, shasa, pak hendra dan gusti,.. tau disambut OB nya dulu hahaha. kita nuggu di ruang tunggu dengan sofa warna krem ditengah2 ruangan, pas`diujung tangga. dengan dinding bertuliskan Konimex. still bayangin serial komedi situasi OB yang juga pegawai HRD...

15 menit kemudian saya dan vita dipanggil ke ruangan. wiihh,... kira - kira ditanya apa ya?... sebelum ditanya saya nanya dulu, kalau - kalau ines bisa diganti vita kenapa enggak? lalu bapaknya bilang "o iya gpp, asal jg memenuhi syarat dan deal" "deal?????,..." ternyata bapaknya cuma bilang "mau dibagian apa mbak?, kalo di proses produksinya gak bisa mbak,.." kata bapak itu sambil sesekali melihat transkrip nilai dan CV saya. lalu kita ditawari sebuah kasus,.. tentang manajemen perawatan yang juga berhubungan dengan pengukuran kerja. beliau menyebutnya "work load analysis" pada sistem pendingin di pabrik, alias AC, karna begitu banyak AC di sana. lalu kita bilang "iya pak,.. insyaALLAH bisa, masih ada krg lebih 4 bulanan buat belajar"... ya,.. lebih spesifiknya kasus itu akan berhubungan dengan MPK (metode pengukuran kerja) dan Ekotek (ekonomi Teknik). oo,... ini yang dimaksud dengan "deal". dan kita insyaALLAH KP 2 bulan, juli - agustus.saya merasa beruntung bisa KP di sana, bisa tau apa yang harus dilakukan jauh2 hari, jadi kan bisa belajar,.. apalagi kita langsung dapat pembimbing KP di pabrik. nama beliau pak Edo... mohon bimbingannya pak.
keluar ruangan,.. lagi lagi ketawa,.. "kok kita dikasih MPK n Ekotek ya? kan MPK kita B/C" hehehe.

pulang dari konimex, kita ke tempat mbak ku yang punya keponakan ku itu,.. buat ngasih kado, tgl 30 besok ulang tahun yang ke 2,.. ulu ulu,.. lutuna. dari tempat mbak, kita ketempat bulik saya, bilang terima kasih, karna bulik lah yang mengantarkan kami ke Konimex dulu. dari tempat bulik, cari tempat sholat ashar, karna vita bilang "aku pernah ke UNS cm di boulevardnya aja,.. pas aksi dulu". oke deh, kita sholat di masjid UNS (Universitas sebelas maret). universitas yang dulu menolakku hehe. pisss. UNS memang sejuk, pohonnya banyak dan rindang,.. kata bapak dulu UNS kan hutan, bapak yang Notabene jebolan UNS tapi cm sampe sarjana muda.hampir mirip UGM sih, hanya saja gak dilewati bis, jadi masih idum. UNS memang rindang, tapi juga memusingkan, kita muter2 cari masjid. saat nanya salah satu mahasiswi aja mbaknya bilang "aduh, ngasih taunya gimana ya? jauh n muter2 e mbak". weleh2. kalo di UII, masuk boulevard notok langsung masjid. itulah bedanya.akhirnya ketemu juga, di UNS bukan cuma ada masjid tp juga gereja, pura dan vihara.

di masjid ada akhwat yang kayaknya saya kenal, saya sengaja sholat disampingnya, lalu dengan PDnya nanya "mbak dari Ngawi ya?". dan ternyata bener, dia temen mbakku, mbak betti namanya, untung gak salah,. kan malu he,..

dari UNS kita nyari maem, sekalian nunggu jam 17.30 karna masih panas kalo pulang jam 3an. belum ada 1 menit tiba2 ujan,.. tapi kita tetep nekat. ujannya deres buangat, kalo diitung - itung kita sempet berhenti 3 kali. karna saya gak berani. muka serasa di totok, tetesan air yang gedhe2 sakit kena muka. sampai di delanggu kira2. sandal ku jatuh,.. jelas saja, la wong sepatunya di taruh di tas`kertas,.. kan kena air sobek. lalu kita balik lagi buat ngambil. konyol again, kita ketawa2,.. kata vita "wah, gagal jadi cinderella yul, kan sepatunya diambil lagi, coba ditinggal aja." maksudnya????

hujan reda setelah kita sampai kalasan. perjalanan yang biasanya dan direncanakan ditempuh 1,5 jam jadi 3 jam. yah,.. manusia kan cuma berencana, ALLAH yang menentukan. seperti vita yang berencana KP di Riau akhirnya dia berjodoh denganku buat KP di solo.

dengan Bismillah kita berangkat dan Alhamdulillah sampai selamat. subhanallah.

10 komen:

Anonymous said...

kangen soloooo.........
huaaaa..............
huaaaa...............

Anonymous said...

solo,... the spirit of java.

salah ketik, pulang jam 17.30 harusnya 16.30

Anonymous said...

yuli..yuli..dan yuli..
ayo yul semangat KP(tangan dikepal menuju langit,,,!)
belajar yang rajin ya..
selama di solo kamu jangan stress ya menghadapi segala kekonyolanku.
o iya aq belum ngerti jalan-jalan di solo..jadi "mohon bimbingannya" (sambil membungkukkan badan)
satu lagi,revisi nama ku FITA bukan VITA.OK..(alaH...)
solo...!!!! i'm coming...!!!

YuL! said...

selalu dan selalu berlebihan,...
iya deh Fita,.. aku akan me-manage hatiku sesabar mungkin ko fit. tenang aja hehe
mari melangkah bersama hahahaha
(apaan sih???)

bram said...

Starting yg bagus bgt bisa diterima di Konimex. Sedari awal kalau sdh punya link dng perusahaan bonafide, insya Allah gampang buat selanjutnya.

Siapa tahu bisa menjalani kerja sama lebih lanjut.
Pertama, bisa KP di Konimex.
Kedua, lanjut bisa skripsi di Konimex.
Terus, diterima kerja di sana.

Selamat ya.

Kbr 'fans' gmn?

Anonymous said...

terima kasih,.. mas jg ngasih info kan?
amien, amien, amien. penginnya juga gitu..

kbr mb fiona gmn?

Anonymous said...

ass,,
hmm... kalo ini pasti pengalaman pribadi... hehehe
sukses Yuli! ^^

Anonymous said...

assalamualaikum
saya sidiq mahasiswa sekolah tinggi teknologi nuklir yogyakarta ingin menanyakan bagaimana cara anda bisa memasukkan lamaran kp ke pt konimex,
apakah anda menggunakan proposal atau hanya dengan surat pengantar dari kanpus.dan minta tolong untuk contact person dari pt konimex,karena saya berniat melaksanakan kp disana dengan jurusan elektro mekanik atau NDT
terima ksih mohon jawabannya dikirim lewat email sidiqrohmadi.sttn@gmail.com
wassalamualaikum

Anonymous said...

sudah saya bales di e-mail

Anonymous said...

aslm,mbak,,boleh minta email resmi ato email HRD konimex tak? jwbn tlg dikirim ke alamat fajarkoya@gmail.com ya mbak,,nuhun

Powered by Blogger.