Feb 10, 2009

black box


sebuah sistem dikatakan sebagai 'black box' jika kita mengetahui itu sistem apa namun tidak tahu bagaimana perilaku dan karakteristik sistemnya... setiap manusia dberi kelebihan untuk bisa melihat sesuatu, baik yang kasat mata maupun yang tidak kasat mata. setiap manusia, semua otak yang ada di dunia ini mempunyai pandangan yang berbeda-beda terhadap "black box".

saat FGD mentor di auditorium FTSP saya menemukan ada buletin LPM FTSP yang menulis sebuah artikel tentang "pengemis yang membaca alqur-an", sejenak aku dan mufti (teman disebelahku) mangatakan bahwa subhanallaoh ya,.. pengemis aja masih sempat baca al-quran, walau nikmatnya kurang, namun masih ibadah dalam keadaan seadanya,... namun si penulis di buletin tersebut berpandangan bahwa pengemis tersebut memanfaatkaan simpati masyarakat untuk menarik orang agar memberi uang,.. disini 'balck box' nya adalah si pengemis,.. Hallahualam gak ada yang tau perilaku dan karakteristik pengemis itu,.. setiap orang di beri hak azazi untuk berpendapat dan mengeluarkan suara...

seperti hari ini,... saya sadar, saya mempunyai label tulisan "try to be better".... namun malam ini, hampir jam 12 malam, habis ngobrol lewat YM e buddy dengan seorang teman,.. saya jadi mikir,.. kita ini adalah 'black box'. tak ada seorangpun kecuali kita sendiri dan ALLAH yang mengetahui kita, perilaku kita, karakteristik kita,.. bahkan yang parah adalah kita adalah 'black box' bagi diri kita sendiri,.. Label "try to be better" adalah sebuah usaha saya untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari,.. namun memang,.. setiap orang yang kita kenal mempunyai pandangan yang berbeda terhadap diri kita, baik-buruk seseorang akan lebih baik jika dipandang menggunakan kaca mata orang lain,.. memang susah meyakinkan orang lain bahwa model yang kita buat ini valid jika tidak dengan bukti yang nyata,.. (dalam arti sifat, model bisa berarti tauladan). artinya, kita bisa bilang bahwa kita sudah berusaha merepresentasikan sebaik mungkin,.. namun pandangan orang mungkin berbeda,..

welll buat temen di YM tadi terima kasih sudah menyadarkan saya,,. bahwa perjuangan menjadi lebih baik belum selesai,... dan sepertinya gak akan pernah selesai,.. karna pada dasarnya pemodelan tak akan pernah seleai,.. dan masih begitu banyak design exsperimen (atau "what if") yang harus saya buat,.. agar tercipta saya yang lebih baik dari hari kehari,.. Amien.


(ps : dibuat jam 00.17 dkos dina, numpang ngetik karna leptop di servis, ngerjain studi kasus praktikum materi baru pemodelan sistem (agak mumet), di sambi YM an sama teman lewat e-buddy yang membuatku sadar, dan agak aneh sehingga menulis ini)

0 komen:

Powered by Blogger.