Feb 7, 2012

Skripsi Vs Thesis

Dulu, saya tidak menyukai mata kuliah metopel (metodologi penelitian) saat S1, tapi sekarang saya sangat suka, walaupun belum mengahasilkan minimal 1 saja penelitian (baca : baru semester 1). kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat kuliah metopel atau kalau di ITS disingkat Metpen.

Apa beda penelitian mahasiswa strata 1 dan mahasiswa strata 2 ? bagi mahasiswa yang belum mengambil SKS skripsi, pasti akan merasa skripsi adalah sesuatu yang berattttt namun jika sudah melewatinya, maka akan terasa bahwa ya,... begitulah skripsi. memang sebagai konsekuensi atas tingkat pendidikan yang diambil, semakin tinggi tingkat yang diambil maka tanggung jawabnya pun lebih tinggi.

Bahan skripsi dulu :)

Tugas akhir s1 atau yang sering disebut skripsi merupakan penelitian yang berisi tentang implementasi keilmuan yang didapat selama bangku kuliah ke dalam real work, dalam hal ini dunia sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari. misalnya seperti saya yang mengambil jurusan teknik industri, penelitian saya mungkin saja berjudul, Analisis penerapan sistem MRP pada perusahaan X, atau Analisis biaya jaminan kerja karyawan menggunakan metode X pada perusahaan X. pada beberapa skripsi yang berbeda, masih bisa dimungkinkan terjadinya persamaan skripsi, walau sama dalam hal ini bukanlah sama persis. namun ada perbedaan misalnya dalam hal tempat penelitian, metode yang digunakan, atau permasalahan yang diambil. singkat kata skripsi mahasiswa S1 adalah tentang penerapan ilmu yang diperoleh untuk menyelesaikan suatu permasalahan tetentu dengan metode dan metodologi tertentu pada suatu perusahaan. walaupun masih dimungkinkan adanya kesamaan antara satu skripsi dengan skripsi lainnya tetap saja tidak dibenarkan yang namanya plagiarisme. dan akan lebih baik jika skripsi itu lebih dari sebuah implementasi keilmuan.

Tugas akhir s2 atau kalau di indonesia sering disebut dengan Thesis, lebih dari sekedar skripsi. thesis boleh saja sebuah implementasi terhadap ilmu yang selama ini diperoleh di bangku kuliah, namuuuunnn,.. dia harus mempunyai sesuatu yang baru, bukan hanya sekedar penerapan metode untuk memecahkan masalah pada suatu perusahaan. misalnya saja saya mahasiswa industri maka thesi saya mungkin berjudul Analisis pengaruh biaya terhadap,.. bla bla bla di industri garment. artinya bukan pada suatu industri garmen saja, tapi industri garmen secara umum. itu jika implementasi. atau analisis terhadap sesuatu yang mungkin pada penelitian sebelumnya belum di teliti atau terdapat GAP yang perlu dianalisa, misalnya analisa faktor faktor yang mempengaruhi schedulling nervousness,... karna pada penelitian sebelumnya baru menganalisa hubungan schedule nervouseness atau dampaknya,.. dll.

dari ilmu yang saya dapat, mungkin tugas akhir s1 lebih ditekankan pada apa yang namanya applied research dan tugas akhir s2 pada basic research, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kedua hal ini adalah interchangeable.

*kalau ada kesalahan pemahaman, mohon maaf,.. sama sama belajar :)

0 komen:

Powered by Blogger.