Feb 9, 2012

Bahasa Indonesia

(Lagi), saya lupa dimana saya pernah mendengar bahwa sekarang bangsa Indonesia lebih menghargai bahasa negara lain dari pada bahasa sendiri, bahasa Indonesia. Kalau saya pikir-pikir, iya juga sih,... melihat banyak sekali playgroup, TK, SD sudah menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa yang "harus" dikuasai oleh anak-anak. Tak jarang kalau liat di TV, banyak anak-anak yang diwawancarai dan menjawabnya dengan bahasa asing, orang tua mereka bangga sekali. Well,.. memang penting dan bagus sekali bisa bahasa asing (dalam hal ini bahasa internasional yaitu bahasa inggris), namun kadang juga kepikiran, bahasa Indonesia jarang disebut, bagaimana berbahasa Indonesia yang baik, bagaimana aturan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) itu digunakan. Sebagian besar dari kita lebih sibuk mempelajari grammar bahasa inggris, dan mengesampingkan penggunaan bahasa Indonesia. Malah, bahasa Indonesia sering kali di pleset-plesetkan menjadi bahasa gaul yang menurut anak muda jaman sekarang lebih keren. Dan era baru saat ini, bukan bahasa gaul yang menjadi andalan,.. bahasa "alay". Kalau dulu bahasa gaul hanya sebatas penyampaiannya saja yang diubah,.. misal,.. kamu jadi lo, aku jadi akika, gue, dan lain sebagainya, sekarang penulisannya pun jauhhh sekali dari aturan EYD, jadi alay lah,.. misal,.. kata "ya" menjadi "eeaaa"....

Hufffttt,... saya bukan orang yang ingin bersembunyi dibalik "ketidakpandaian" saya berbahasa asing,.. tapi miris aja gitu,.. boleh dan harus memang menguasai bahasa asing, tapi jangan lupakan bahasa Indonesia. 

Saya menulis ini karena tadi baru saja membuka web sebuah kampus, yang tulisan di halaman Head nya berbahasa inggris,... nama kampusnya pun diubah ke bahasa inggris. Bolehlah, berubah menjadi world class university, tapi semoga masih menghargai bahasa kita. Jepang, Korea, India, masih punya bahasa (tulisan) asli negaranya yang berbeda dengan negara lain, seharusnya kita orang Indonesia juga tetap bisa mempertahankannya,.. ^______^. Bukan hanya digunakan sebagai bahan pembantaian saat sidang Skripsi atau Thesis, karena EYD nya acakadul :P

Hidup Bahasa Indonesia,....
Kemarin di BookFair habis beli buku panduan EYD ^___^



0 komen:

Powered by Blogger.