Nov 27, 2012

Beer Game Simulation

Pertolongan ALLAH memang datang dari arah yang tidak di sangka-sangka :), dan jika kita mau belajar dan berusaha,... pastiiii ada jalan :D.

http://logisticsbureau.com/images/BeerGame350wide.jpg
 
Saya diamanahi mengajar mata kuliah pilihan Supply Chain Management. Rencananya hari ini tidak akan mengajar materi, tapi mau mengajak mahasiswa maen game. Beer Game Simulation.

Beer Game Simulation.
Permainan ini pertama kali diperkenalkan oleh MIT (ya ALLAH mungkin gak ya sekolah disana, sekolah impian mahasiswa Teknik :p) pada tahun 1960. Beer Game adalah permainan yang mencoba mensimulasikan bagaimana Bullwhip Effect terjadi (efek cambuk banteng) yaitu penggelembungan informasi atau distorsi informasi karena tidak ada koordinasi dalam supply chain (kalau bahas ini bisa panjang nanti :p). Seiring berjalannya waktu, media untuk melakukan simulasi Beer Game berkembang, dari yang konvensional (pakai kertas atau kain) sampai software dan sistem online.

Kali ini saya akan mengajarkan mahasiswa untuk simulasi fisik, itu artinya ya pake yang konvensional. Alhamdulillah,... ada website yang menyediakan semua material yang bisa digunakan untuk simulasi ini. Pluuussss analisis dan materinya. Saya tidak bermaksud menjelaskan apa dan bagaimana Simulasi Beer Game, (kalau mau tau, anda boleh sit in di kelas saya,.. gratiiiisssss) hehehehe,... atau, baca sendiri yaaa,... ini websitenya http://www.beergame.org/ . Semoga bermanfaat,...

haha, karena beer itu haram,... nanti dikelas enaknya diganti simulasi apa ya??? Es Teh Simulation??? Jus Jambu Simulation??? atau apa? :D:D:D

Saya hanya menegaskan betapa baiknya ALLAH, diantara ke-tidakfokus-an saya saat bekerja (karena mikir hal lain hihihihi.......) tapi ALLAH memberikan jalan, hehehehe,..... *tetepmikir*

@ruangan, sambil nunggu titipan makan siang dari asisten yang baik hati,.. /thanks redy/

0 komen:

Powered by Blogger.