Jun 5, 2012

Ind*s*t : Saya "pelanggan" 10 tahun lo...

Awalnya saya mau buat slide mengajar esok hari. Tapi saat melihat Hape k660i saya, lalu melirik Blackberry saya, jadi pengen nulis :).

Sebagai seorang industrial engineering saya juga belajar tentang objektivitas perusahaan dalam beroperasi. Mau seberapa pun konsep dan filosofi sebuah perusahaan, keuntungan nampaknya selalu menjadi tujuan utama. Beberapa perusahaan belum bisa membedakan apa itu "buyer", "consumer", dan "customer". Teori tentang loyalitas konsumen sekarang ini tidak lagi menjadi perhatian.

Awalnya saya merasa yg bodoh karena tidak membaca dengan jeli (tapi emang iya sih), tapi setelah saya pikir dan kalkulasi, kayaknya ni In**s*t  pinter juga yak??? haha...

Jadi ceritanya,...
 Saya bermaksud mengikuti promo paket BB 90ribu/3 bulan, setelah saya baca baca baca.... ada dua keterangan begini :

  • Berlaku bagi pelanggan yang layanan BlackBerry-nya belum pernah aktif atau sudah tidak aktif lagi sejak 1 April 2012.
  • Hanya berlaku bagi pelanggan yang mengaktifkan Paket Lengkap Bulanan atau Bulanan24 In**s*t Mobile (Prabayar & Pascabayar) selama menikmati ini.
  • Berlaku juga untuk pelanggan baru dan pelanggan lama Indosat (Prabayar dan Pascabayar) caranya cukup mengikuti ketentuan di atas.
 nah, lihat dua syarat diatas. Syarat pertama tidak menggunakan kata "hanya" yang kedua menggunakan. syarat 1 dan ketiga bikin rancu. Karena tertarik, belilah saya pulsa 100ribu, maunya buat daftar yang 90 ribu/ 3 bulan, lalu saya ketik untuk daftar yang bulanan24. Saya pikir sudah include disitu, ternyata tidak. Untuk mendapatkan 90/3 bulan harus ikut paket prabayar 50.000/bulan atau 100.000/bulan. Untuk perpanjangan bulan ke dua dan tiga pun juga harus begitu, artinya biar 90ribu bisa dipakai 3 bulan, pulsa kita minimal harus 50ribu dan didaftarkan prabayar paket itu. Jadi,.. kalau mau 90ribu / 3 bulan. kita harus mengeluarkan uang senilai 240ribu/3 bulan sampai 390ribu/ 3 bulan ahahahahaha,.. pemaksaan halus.

Permasalahan disini adalah, saya terlanjur daftar yang bulanan24 sejumlah seratus ribu. Saya tidak biasa begini, saya biasanya menggunaka paket obrol pagi atau malam. karena harus membayar lagi 90ribu untuk bisa bbman, saya urungkan niat saya. Karena bagi saya terlalu sayang buang duit untuk pulsa saja. Selain itu, ternyata paket 90ribu / 3 bulan diutamakan untuk "consumer" atau "buyer" baru, bukan "customer" atau pelanggan (lama), hufttt,.. dissapointed. Jadi bbm saya akan non aktif selama sebulan. Yang bikin kecewa adalah, awalnya saya merasa ya sudahlahh,.. toh uang saya gak hilang, tapi berubah jadi pulsa sms, telf, dan internet. Apalagi ada keterangan begini :

Hemat 87% katanya heheheheh,... itu untuk mereka yang tidak mensiasati penggunaan telepon. 
Setelah saya pikir pikir dan saya bandingkan dengan penggunaan saya biasanya dengan program lain hasilnya huaaaaaaaaa saya merasa rugi :(. Misalnya :

Telfon 750 menit pukul 00 - 17 = 750 menit / 60 menit = 12,5 x 1000 (biaya obrol siang) = 12.500
Telfon 250 menit pukul 17 - 24 = 250 menit / 60 menit = 4,167 x 2500 (biaya obrol malam) = 10.416,67
Telfon beda operator = 100 menit ---> mungkin ini yang bikin mahal, saya tidak tau pasti tepatnya, yang jelas saya jarang sekali telf ke operator lain, kalopun pernah, paling sebulan maksimal 10ribu saja.
SMS 1000 = saya biasa beli paket sms 25.000 sebanyak 1666 sms yang berarti 15 rupiah per sms. Artinya 1000SMS/bulan = 1000 x 15 = 15.000
Internet 100MB, saya jarang ngenet macem2 di HP, paling FB ama email, kalau sekali tarik 12 kb. katakanlah sehari saya buka 500kb, dimana 1 kb = 1 rupiah, maka = 500 rupiah x 30 hari = 15.000

Jadi kalau beli pulsa biasa, dengan frekuensi penggunaan sesuai batas pake bulanan 24, dalam sebulan saya belanja pulsa HP (diluar BB) adalah sebesar 12.500 + 10.416,67 + 10.000 + 15.000 + 15.000 = 62.916,67

haha beda nya 100.000 - 62.9167,67 = 37.083,33
Jadi, saya merasa rugi 37.083,33 rupiah :(, saya termasuk orang yang cukup jeli dalam mensiasati penggunaan pulsa  In**s*t saya, secara saya sudah 10 tahun jadi pelanggan. Sejak 2002 saya menggunakan nomor saya, tapi nampaknya  In**s*t belum bisa memahami apa itu arti "customer" atau pelanggan yang bener-bener langganan. Jangan salahkan saya kalau saya pindah operator hhehehe (ngancam). Kalo yang berpendidikan pasti tahu, bahwa pelanggan yang kecewa akan sangat berbahaya hahahaha, karena hal biasa yang dilakuka pelanggan adalah menceritakan kekecewaannya, pun sebaliknya kalau pelanggan itu senang, maka akan senang membicarakan kelebihan produk yang ia gunakan.

Intinya hanya mau share saja, lebih Jeli lah membaca PROMO, jangan kayak saya,... :)
*pelajari lagi yaaa apa itu "customer" :):):)

0 komen:

Powered by Blogger.