May 27, 2011

Profesi baru

Sudah berapa lama ya? saya benaar-benar tidak menulis sesuatu yang benar-benar ingin saya tulis??? eeehhhmmm,... benar-benar saya ini :P

Sebenarnya ada sejuta hal yang ingin saya bagi, sebagai seorang yang mempunyai jiwa "blogger" bukan jiwa "penulis" hehe. karena memang sejatinya ada perbedaan yang mendasar antara "blogger dan penulis" walau sebenarnya sama-sama menulis. blogger lebih cenderung ke "ngoceh" tentang apa yang ingin dia "ocehkan" walau sebenernya niat nya baik, semoga ada hal yang bisa diambil hikmah nya. Salut deh,.. buat semua mua orang diluar sana yang masih sempat buka laptop buat nulis di blog, apa lagi para bunda-bunda yang masih nyempetin waktu ng-blog hehehe,..

Salah satu hal yang membuat saya sedikit tidak bernafsu untuk nge-blog adalah karna di otak saya di dominasi oleh thesis, padahal kalau mau ngerjain thesis juga malassss nya naudzubillah.. -___-". selain ituuuu,... saya sekarang seperti jadi kondektur bis EKA. setiap minggu harus bolak-balik surabaya-jogja. well,.. that's a looonnggg journey, bu for me,.. thats not so far enough hehe,..

Akhirnya perjalanan pemikiran, usaha dan doa terkait profesi yang aku cita-cita kan berakhir sudah,.. setelah mengikuti acara iseng iseng berhadian ini , perjalanan berlanjut ke barat. Memang waktu itu saya sudah berniat, bahwa akan mencoba semua kesempatan yang ada :p. Bahkan dulu pernah,.. pengennya kuliah sambil ngajar, ngajar dimana aja deh,.. aku masukin 20 lamaran ke kampus surabaya dan sekitarnya, kali aja dipanggil, sampai menghabiskan ratusan ribu kekekeke,... tapi hasilnya,.. Nihil hahaha. no problemo. ternyata tugas-tugas kuliah di s2 membuatku berfikir, untuuunngg ndak ada yang manggil kerja,.. hahaha,..

perjalanan ke barat dimulai saat kakak ipar mengatakan ada lowongan kampusnya dulu, "masukin aja lamarannya" begitu katanya,.. baiklahhhh saya masukkan lah lamaran. jadi kalau dihitung, ini surat lamaranku yang ke 22 hehe,.. tapi gak ngoyo kok sodara-sodara, alhamdulillah ALLAH memudahkan jalan, sehingga terasa begitu mudah,.. jika mendengar kisah teman yang harus jungkir balik nyari kerja,.. ^^, yaaaa ALLAH punya cerita masing-masing untuk setiap makhluknya,.. ^^. kembali ke lamaran, surat lamaran akhirnya masuk juga,.. dan beberapa hari kemudian dipanggil,.. ada seneng nya, ada bingung nya,.. tapi ya dijalani aja,.. tes demi tes berjalan. tapi kali ini terasa lebih profesional dari pada iseng-iseng berhadiahku sebelumnya,.. ada beberapa cerita menarik, tapi uda agak lupa wkwkwkw,... cerita test psikologi yang lama nya maaaakkkk baru kali ini aku ikut test psikologi seharian,.. selain tangan kaku, otak ikut kaku, apa lagi mata,.. zzzzzzz capeks,.. (secara saya baru 2 kali ini nglamar kerja :p ). lalu tes wawancara di depan sembilan pejabat kampus,.. hahaha,.. dari warek sampai kajur. yaaaa begitulah,.. ada 1 orang yang nanyaaaa mulu, tapi ALLAH memberi kemudahan (kemudahan ini saya tahu pas setelah di terima). Ibu itu bertanya tanpa henti, dengan gaya nya yang "sedikit garang"
Pewawancara : "mau konsentrasi apa??"
Saia : "Sustainable manufacture bua,."

Pewawancara : "kalau ada beasiswa ke luar negeri, pengen ke mana memang?"

Saia : "ehmmm jepang mungkin bu,.."
Jawaban itu sedikit "asal", ehhh,. kok kayaknya itu yang jadi pertimbangan hahaha,.. ternyata ibu itu doktor di bidang eco-efficiency dan lulusan jepang wkwkwkwkw,... ALLAH memang luar biasa haha,.. berselang beberapa hari, ehmmm ada sebulan kayaknya,.. pengumuman pun keluar,.. dan terererererennngg,.. saia lolos,.. ada dua emoticon yang bisa menggambarkan suasana hati saya waktu itu,.. begini :) dan begini :( hehe,..

jauhhhh jauuuhh hari sebelum masuk sekolah pasca sarjana, saya sudah menancapkan dalam diri saya bahwa, saya ingin berprofesi sebagai dosen, dengan berbagai pertimbangan kenapa saya sangat tertarik dengan profesi ini,.. saya me-list kampus-kampus yang ada teknik industri nya,.. saya melamar, dan berharap bisa benar-benar tercapai. dalam list tertulis dengan tulisan besar, tebal dan dilingkari,.. saya ingin kembali ke almamater. saya ingin mengabdi disana, dikampus penuh cerita, cerita tentang aku mengenal islam lebih dalam, tentang saudara-saudara tersayang, tentang karir pertama ku di laboratorium,.. dan tentang yang lain,.. :).

Dulu aku minta sama ALLAH,.. ehmmm.. ya ALLAH, diterima dan ngajar dimana aja,.. sama saja,.. esensinya tetap sama,.. mengajar, menularkan ilmu dan gagasan. tapi dalam doa ku ada koma nya,.. hehe,.. kalau boleh dan diijinkan, aku ingin kembali ke almamater, aku ingin kembali ke jogja :). rupa-rupanya ALLAH berkehendak lain, Ia mengijinkanku tinggal di jogja, namun tidak di Almamater. bahkan mendaftar saja aku belum sempat hehehe,.. tapi ya,.. bekerja sebagai dosen, bukan seperti bekerja di perusahaan yang bisa kontrak 1 atau 2 tahun, lalu resign. dosen adalah sebuah profesi yang harus dilakukan dengan profesioanl :). dan memang butuh waktu perintisan yang cukup lama, sampai benar-benar disebut sebagai "dosen".

Cukup melegakan setelah "main" ke almamater dan mengatakan ke salah satu pendidik saya dulu,.. intinya,.. "syukuri apa yang ada, jalani lah,.. apa lagi saya perempuan (bukan bermaksud membedakan gender) hehe tapi begitulah kodratnya,.. suatu hari akan ada pekerjaan lain selain profesi yang sekarang,.. bersungguh-sungguh saja dengan yang ada, jangan mementingkan idealisme,.. menikah saja lah setelah ini,.. (like this wkwkwk)" hehe,.. terima kasih,.. walau mungkin masih ada harapan mengejar idelisme,.. tapi tak selamanya idealisme harus jadi realisme (lohh) :P.

Dan memang saya tipikal orang yang setia,.. :P. saya yakin, suatu hari saya akan mencintai institusi ini, sekarang saja saya sudah mulai mencintainya,.. saya diterima baik disini,.. saya tertantang untuk berbagi ilmu dan ikut bekerja memajukan institusi tempat saya bekerja,.. :P. berharapa selalu istiqomah,.. dan tetap pada pendirian,.... Mendidik, Meneliti, dan Mengabdi. disinilah saya sekarang.... Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Jalan belakang rektorat UPN yogyakarta

3 komen:

bram said...

tepuktangan salut buat dosen baru UPN..

YuL! said...

Thanks mas bram... :)
terasa betul ilmu yang didapat di delsim :)

YuL! said...

Sukses mas!!!

masih krasan aja di jakarta? aku di sby aja dah,.. zzzzzz.... apa lagi macetnya jakarta :P

Powered by Blogger.