Dec 13, 2011

Berdiri di Bahu Raksasa


"Berdiri di Bahu Raksasa"

Dimana anda melihat tulisan itu? yup,.. di google cendekia, yang beralamat di www.scholar.google.com. google memang baik hati :). google cendekia merupakan search enginee milik google yang khusus menampilkan penelitian-penelitian ilmiah yang diakui baik nasional maupun internasional. Jadi, berbeda dengan google.com yang jika kita mengetikkan kata kunci,.. misalnya "rantai pasok" akan keluar apa saja yang memuat kata "rantai" dan kata  "pasok" di halaman mana saja. Di google cendekia, kata "rantai" dan "pasok" hanya akan keluar pada halaman yang emuat jurnal atau penelitian resmi. Google cendekia memudahkan kita untuk menemukan sumber referensi yang relevan dan terpercaya. Awal-awal mengerjakan thesis, saya rajin sekali membuka google cendekia, karena memang thesis saya mengharuskan saya untuk lebih dekat dengan jurnal internasional. berbeda dengan skripsi s1 saya yang sebatas mengplikasikan tools pada sebuah permasalahan.

Google cendekia pertama kali saya ketahui dari dosen metodologi saya bu Maria Anityasari, beliau merupakan satu-satunya dosen yang belum bisa membuat saya tertidur dikelas hehehehe,... (karena semangat sekali mengajar). Beliau akhirnya menjadi dosen pembimbing thesis saya. Sebenernya ada banyak tips dan trik lagi untuk mendapatkan referensi secara cepat, cermat, relevan dan terpercaya di search engine (terutama google), tapi saya ndak begitu pandai,... beliau pernah mengajarkan sekilas, tapi saya lupa hehehehehe,.... (ingat beberapa, kapan-kapan saya share).

Minggu depan saya ujian thesis, sambil belajar,... mencoba jalan-jalan ke google cendekia dengan kata kunci yang seeerrriiinnnggg saya ketikkan dulu "mass customization", tercatat ada ratusan jurnal internasional yang saya dapat :). contohnya ini (gambar dibawah), hampir semua jurnal mass customization yang downloadable sudah ditangan hahahahahaha,...

 Setelah usut punya usut, nampaknya masih banyak lo yang tidak tahu keberadaan google cendekia hihihihi,... ini saya kasih tau :)


Thanks google, thanks juga buat ITS yang sudah melanggan sciencedirect.com :).

2 komen:

Farid Nugroho said...

"....misalnya "rantai pasok" akan keluar apa saja yang memuat kata "rantai" dan kata "pasok" di halaman mana saja....."

sdikit tips, biar 2 kata yg diketikkan bisa dibaca google ga terpisah, diketik pake tanda petik.
contoh: "rantai pasok", "yuli astanti"

kalo ada kata yg g diinginkan, dikasih tanda -
contoh: nyari kata yuli astanti ga mau ada kata farid ==> "yuli astanti" -farid

YuL! said...

hehe,... kan sudah ditulis

"Sebenernya ada banyak tips dan trik lagi untuk mendapatkan referensi secara cepat, cermat, relevan dan terpercaya di search engine (terutama google), tapi saya ndak begitu pandai,... beliau pernah mengajarkan sekilas, tapi saya lupa hehehehehe,.... (ingat beberapa, kapan-kapan saya share)"

kapan kapan :), btw thanks farid sudah membaca dan komentar :):):)

Powered by Blogger.