Mar 22, 2011

Journal Review

Dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, saya besok ada presentasi Journal Review. Tapi mata ini, tangan ini masih elum mau beranjak dari keyboard dan layar leptop. lagi asik-asiknya mengklik dan memilah milah template buat blog. Well sebagai ganti belajar Jurnal Review, saya jadi pengen nulis apa itu Jurnal Review. Karna dari beberapa orang yang kuliah S2 di jurusan yang berbeda, namun masih satu almamater, mereka mengatakan tidak ada jurnal review sebelum seminar proposal.

Journal Review atau sering disingkat Jurev adalah salah satu tahap yang harus dilewati mahasiswa pasca sarjana Teknik Industri ITS (Institute Tekhnology Surabaya) untuk meraih gelar MT. jadi, secara keseluruhan, presentasi yang harus dilewati adalah Jurrev, Seminar proposal, dan Sidang Thesis. Jurrev dibuka pendaftaran setiap awal bulan dan dilaksanakan pada akhir bulan. Dari apa yang saya pelajari selama ini, jurev diadakan sebagai assesment awal mahasiswa yang akan melakukan penelitian thesis terhadap ranah penelitian yang akan dilakukan. Yang menjadi objek presentasi saat Jurev adalah jurnal utama yang akan digunakan dalam penelitian Thesis. Tidak semua jurusan di ITS mewajibkan jurev bagi mahasiswanya. Namun, bagi saya sebagai mahasiswa TI adanya jurev justru memberi manfaat bagi mahsiswa, walau ada beberapa mahasiswa yang merasa keberatan dengan diadakan jurev. Dengan adanya Jurev, mahasiswa bisa :

1. Belajar lebih awal untuk penelitian yang akan dilakukan.
2. Mempunyai acuan, seperti apa penelitian yang akan dilakukan. seperti kata mbah google "Standing on the shoulder of giants", yup berdiri dibahu raksasa. penelitian yang kita lakukan pasti mengacu pada pengetahuan yang sebelumnya sudah ada. layaknya manusia kerdil yang berdiri di bahu raksasa, begitu kecilnya pengetahuan kita sehingga perlu bersandar pada ilmu sebelumnya.
3. Belajar presentasi sebelum sidang thesis.
4. Mendapat masukan di awal sebelum pengajuan proposal penelitian.
5. Meningkatkan rasa percaya diri untuk melakukan penelitian lebih lanjut. dan masih banyak lagi manfaat.

Jurev ini juga mempunyai bobot nilai, dia bernilai 0,5 sks,.. namun mata kuliahnya jadi satu dengan seminar proposal, jadi terkesan 3 sks plus seminar proposal. Lalu apa saja yang disampaikan dalam Jurev? hal-hal yang harus disampaikan dalam jurev adalah :

1. Mengulas semua yang ada dalam jurnal, mulai dari abstraksi dampai future work.
2. Membuat critical review terhadap jurnal.
3. Menghubungkan antara jurnal yang bersangkutan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Pada awalnya, presentasi jurev adalah penyampaian jurnal secara keseluruhan lalu menyampaikan apa critical review dari jurnal dilanjutkan dengan apa hubungan jurnal dengan penelitian lebih lanjut. Namun agar tidak terlalu mengkerucut pada satu jurnal, jurev sekarang dilakukan terbalik. Yang pertama disampaikan adalah kerangka penelitian yang akan dilakukan, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai mengapa mengambil jurnal ini sebagai jurnal utama, lalu mengulas jurnal dan yang terakhir adalah melakukan critical review terhadap jurnal dan menghubungkannya dengan penelitian yang akan dilakukan.

Jurrev adalah seminar terbuka yang bisa dihadiri oleh siapa saja yang ingin menyaksikan rekannya maju jurev. Dan hanya di uji oleh satu penguji saja, biasanya penguji berasal dari dosen yang masih menyandang gelar master. jadi semoga tidak seseram seminar proposal dan sidang thesis :).

Demikian sedikit penjelasan tentang Jurev. Alhamdulillah,.. saya besok maju jurev (lha kok malah nge-blog hehe). yang ingin keterangan lebih lanjut, hubungi saja,.. :). kepada teman-teman yang secara tidak sengaja membaca blog ini, sukses buat jurev nya,.. jangan takut maju jurev,.. ini adalah portal utama menuju gelar MT.

yuli, ST.

0 komen:

Powered by Blogger.