Dec 16, 2008

Mahasiswa pun Korupsi

sangat sudah biasa,.. kita melihat mahasiswa berdemonstrasi menuntut pemerintah yang korupsi,.. namun belum pernah kan? melihat mahasiswa men-demo mahasiswa yang korupsi?????

dikalangan mahasiswa sendiri juga banyak praktek korupsi, walau saya sendiri juga mahasiswi,.. tapi ini kenyataan. mungkin ada yang sudah familiar dengan istilah TA alias titip absen. sedih rasanya,... temen temen menganngap titip absen adalah hal yang sangat biasa, padahal itu sudah termasuk kebohongan, meng-ada ada yang tidak ada, korupsi kan??? hati hati, jika kita terbiasa begini, suau hari bukan tidak mungkin kita korupsi di dunia kerja,.. padahal amalan kita akan dipertanggungjawabkan, sampai hal - hal yang pualing kecil sekalipun..... kalo kata murobbi ku, "jangan sampai hal-hal kecil menyendat-nyendat kehidupan kita di akhirat nanti". padahal kalo mau jujur, beberapa dosen gak mempersoalkan absen kita kok,.. yang penting kita paham apa yang disampaikan dan bisa ngerjain ujian hehe. kata seorang senior, jangan kuliah buat presensi, tapi untuk "paham" jadi harus paham,.. gak masuk kuliah its oke (asal alasannya baik), yang penting paham, gak perlu TA, bolos jg gak papa. kalo tujuannya paham, pasti nilainya bagus, tapi kalo tujuannya nilai, belum tentu paham. ya kan?

korupsi kedua yang di anggap sangat biasa bagi mahasiswa adalah manipulasi dan mark up jam KKN. jadi kalau di kampus saya, KKN atau kuliah kerja nyata mempunyai batasan pada jumlah jam program... untuk KKN model mandiri seperti saya, jam KKN yang harus ditempuh adalah 140 jam,.. nah piket ke KKN nya juga ada jadwalnya,.. saya pernah protes ke temen saya kenapa pengabdian ke masyarakat dibatasi jam,.. dia jawab, "kalo gak ada batasan jam mahasiswa bingung programnya n ntar malah asal-asal an...." iya juga sih.
saya sering mendengar teman-teman yang membohongi diri sendiri, dengan menuliskan jam kedatangan lebih awal,.. misalnya nih datang jam set.4 ditulis jam 3, program 2 jam ditulis 3 jam,... program dijalankan 2 kali ditulis 4 kali. haaaddduuuhh,... hati hati loh teman-teman,.. jadi kebiasaan ntar, sama aja korupsi kan? kalo pemerintah mark up uang, mahasiswa mark up jam.

jujur lah,.. insyaALLAH lebih berkah, seberapapun nilai yang kita punya,...
oKey???

0 komen:

Powered by Blogger.