Mass Customization pertama saya dengar saat kuliah Pemodelan Sistem yang diampu pak Hari Purnomo. Pada saat itu beliau tidak menjelaskan secara detail apa itu Mass Customization, hanya mengatakan bahwa jika sebuah produk (saat itu menjelaskan Mass Production) dibuat dengan melakukan kustomisasi terlebih dahulu sebelum di-release ke konsumen, itu namanya Mass Customization. Karena saat itu mata kuliah Pemodelan Sistem, makanya tidak begitu dibahas. Saya juga heran, saya kok masih ingat ya? Alhamdulillah yah,…. tidak dengan gaya syahrini hehe.
Saat sekolah master, saya mengajukan ke dosen favourite saya untuk menjadi supervisor thesis saya. waktu itu saya belum punya usulan penelitian, yang saya tahu hanyalah saya sangat menyukai dosen ini, beliau satu-satunya dosen yang tidak bisa membuat saya tertidur di kelas,.. yaaaa saya sering tidur di kelas, I dont know,.. ngantuk aja pokoknya. Usut punya usut lagi di bisikin setan biar gak dengerin pelajaran hehehe alasan. Alasan lain adalah saya ingin memperlajari lebih dalam terkait bidang Sustainable Development. Dosen saya ini perempuan, Bu dosen kemudian menyuruh saya untuk memperlajari lebih jauh tentang Mass Customization, beliau bilang bahwa di Jerman, topik ini sedang hangat-hangatnya.
Dari hari-ke hari saya baca sedikit demi sedikit apa itu Mass Customization (biar pendek, kita sebut MC saja). Dari jurnal-jurnal, website, sampai ngopy buku-buku. Kalau penelitian, setelah saya searching ternyata belum banyak penelitian terkait MC. lalu apa hubungannya MC dengan topik yang awalnya saya teliti? singkatanya,… masih minim aplikasi sustainable untuk produk MC. sebagian besar adalah produk mass production. nah disinilah GAP yang saya dapat,.. dan saat ini saya BELUM menyelesaikan thesis saya itu. masih kurang sedikit kok,… . Makin hari makin cinta,.. akhirnya saya putuskan untuk konsentrasi di bidang ini,.. Sistem Produksi –> Mass Customization, both product and services .
Masuk ke inti utama, apa itu Mass Customization ???
MC, berasal dari dua kata Mass dan Customization. Mass = massal, Customization = kustomisasi. yup,… in short, bagaimana membuat barang dan jasa yang bisa dikustom, namun dalam jumlah yang banyak. Secara ilmiah dari hasil membaca saya, MC adalah sebuah model bisnis yang memproduksi barang dan atau jasa sesuai keinginan konsumen secara individu, dalam jumlah banyak sehingga mempunyai tingkat efisiensi layaknya memproduksi produk standart secara massal (Mass Production).
Mungkin kita tidak asing lagi membeli barang sesuai keinginan kita, sperti jahitin baju, beli lemari sesuai design, bangun rumah dengan design sendiri, dan lain sebagainya. Apakah itu MC ??? bukan, itu bukan MC. Produk yang bisa dan biasa kita pesan itu disebut produk kustom, namun bukan produk kustomisasi massal. karena produk tersebut tidak diproduksi massal, hanya satu persatu. Dengan kata lain bisa disebut sebagai produk Make to order (MTO) atau Engineer to order, dsb. Sedangkan Mass Production sering disebut juga sistem Make To Stock (MTS). Disinilah kelebihan MC, MC berusaha menggabungkan antara MTO dan MTS, dengan berbagai karakteristik yang ada dalam MC, misalnya dalam penggunaan komponen modular, postponement, penggunaan internet dsb. (akan dibahas lebih lanjut nanti).
Lalu prakteknya, adakah sistem seperti itu,..??? yuppp ada. MC sangat tergantung sekali dengan sistem informasi terintegrasi, salah satunya adalah internet. Internet digunakan MC untuk mengetahui apa keinginan konsumen. Untuk praktek di Indonesia, mungkin belum banyak aplikasinya, namun di Luar negeri banyak sekali. MC menggunakan alat yang dinamakan konfigurator (penjelasan di tulisan selanjutnya), alat ini yang membahasakan keinginan konsumen kepada produsen.
Sebagai contoh buka saja website www.roomsbyyou.com, disini konsumen bisa memilih produk apa yang diinginkan, dengan feature-feture yang tersedia. dengan internet yang bisa di akses diseluruh negara, hanya dengan 1 klik. Desain dr konsumen bisa masuk ke perusahaan. Sehingga perusahaan akan membuat produk yang berbeda-beda tersebut dalam satu waktu, dalam jumlah yang banyak,… seru kan????
ini link untuk belajar lebih lanjut terkait MC, http://mass-customization.blogs.com/, website milik profesor MC di Jerman,… (huuummmmm bercita-cita kesana)….
Jika ingin tahu macam-macam konfigurator, just klik www.milkosugar.com/ .
Masih banyak hal yang ingin sya share,….. dari bedanya MP dan MC, peluang ramah lingkungan, harga premiumnya, aplikasi, strategi dlll,…
tu bi kontinyu yah,..
Sumber : http://yuli.blog.upnyk.ac.id/2011/08/23/mass-customization-an-introduction/
0 komen:
Post a Comment